Scoot, Penerbangan Umrah Murah dengan Fasilitas Mewah

Senin, 11 Maret 2019 - 16:11 WIB
Scoot, Penerbangan Umrah Murah dengan Fasilitas Mewah
Scoot, Penerbangan Umrah Murah dengan Fasilitas Mewah
A A A
MADINAH - Ummat muslim Indonesia, terutama generasi milenial kini bisa mewujudkan impiannya lebih cepat dalam menjalankan ibadah haji dan umrah di Tanah Suci, Mekkah, Saudi Arabia. Pasalnya, Scoot sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah atau Low Cost Carrier (LCC), menawarkan tiket dengan harga murah yang dilengkapi fasilitas mewah.

KORAN SINDO/SINDOnew dan beberapa media serta influencer mendapat kesempatan untuk terbang bersama Scoot dalam kegiatan "Scoot Umrah Media Trip 2019" yang diadakan Scoot dan Zam Zam Wisata, bagian dari G-Tour Group, merasakan langsung bagaimana ekslusif dan nyamannya menjalani penerbangan dari Indonesia ke Jeddah, transit di Singapura bersama maskapai milik Singapore Airlines Group (SIA).

Berangkat dari Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, menggunakan pesawat Airbus A320 Family pukul 11.30 WIB. Rombongan yang berjumlah sepuluh orang ini tiba di Bandara Changi, Singapura pada pukul 14.25 waktu setempat.

Sambil menunggu penerbangan selanjutnya menuju Bandara Internasional Jeddah, rombongan memanfaatkan waktu untuk istirahat dan melaksanakan ibadah. Setelah menunaikan kewajiban, rombongan menuju Gate F50 untuk melanjutkan penerbangan menggunakan pesawat Boeing 787 Dreamliner.

Saat menaiki pesawat tersebut, suasana nyaman langsung dapat dirasakan. Dengan kabin yang luas, tidak berisik, dan kompartemen kabin yang lebih besar membuat barang bawaan jemaah dapat disimpan dengan baik. Tidak hanya itu, pesawat yang memiliki 335 seat ini bisa mengangkut lebih banyak penumpang. Para penumpang yang sebagian besar adalah jemaah asal Indonesia, membuat perjalanan semakin seru.
Scoot, Penerbangan Umrah Murah dengan Fasilitas Mewah

Selama perjalanan, kami kemudian mencoba mengaktifkan fasilitas WiFi yang disediakan maskapai peraih Southeast Asia Best Low Cost Airlines 2016- Future Travel Experience Award Asia ini sebesar 80 MB. Hasilnya, kamipun bisa memberikan kabar kepada keluarga dan kerabat terdekat. Kehadiran WiFi saat penerbangan tentu sangat membantu, terutama anak muda milenial yang ingin tetap eksis di media sosial.

Bagi penumpang yang ingin menikmati fasilitas tambahan ini, dapat membelinya mulai harga Rp74.000 baik saat pemesanan tiket ataupun melalui kru kabin saat penerbangan. Tersedia 5 paket data yang disediakan. Di antaranya, paket kuota 20 MB, 80 MB dan 200 MB. Pilihan kuota tersebut tergantung pada kebutuhan.

Tidak hanya itu, penumpang juga tidak perlu khawatir batre ponsel akan lowbet karena habis digunakan untuk berselancar di dunia maya karena di bawah kursi disediakan saluran listrik atau setop kontak pengisi daya standar 110V/60 Hz. Fasilitas ini dapat dinikmati cukup dengan membayar Rp53.000 hingga Rp116.000 sesuai kebutuhan.

Untuk mengusir kejenuhan dalam perjalanan panjang selama 9 jam menuju Jeddah, penumpang juga bisa menikmati acara televisi dan layanan hiburan lainnya. Tersedia lebih dari 100 film menarik mulai dari film drama, action dan kartun untuk anak-anak di ScooTV.

Dengan harga Rp147.000 penumpang sudah bisa menikmati fasilitas ini secara lengkap. Untuk mengaktifkan paket tersebut, bagi pengguna iOS, aplikasi ScooTV harus diunduh sebelum naik pesawat. Sedangkan bagi pengguna android, aplikasi dapat diunduh dari portal saat penerbangan. Layanan hiburan ini juga dapat dinikmati di laptop maupun tablet. Penumpang yang menikmati fasilitas ini dipastikan akan terhibur selama perjalanan.

"Terbang dari negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia, kami melihat potensi penerbangan umrah di Indonesia," ujar Chef Commercial Officer Scoot, Vinod Kannan.
Scoot, Penerbangan Umrah Murah dengan Fasilitas Mewah

Dia menjelaskan, untuk kelas Economy FLY harga tiket pulang pergi mulai Rp10.000.000 sedangkan untuk kelas ScootBiz (kabin campuran) harga tiket yang ditawarkan Rp18.000.000. "Rute Scoot ke Jeddah memberi lebih banyak pilihan kepada jemaah yang mencari pengalaman terbang yang berbeda dengan semua anggaran, baik anggaran terbatas maupun anggaran lebih besar," katanya.

Berdasarkan data yang dimiliki, kata dia, jumlah jemaah umrah Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2017, Indonesia berada di peringkat kedua jemaah terbanyak dengan jumlah 875.958 jemaah, naik 25% dari tahun sebelumnya.

"Milenial selalu menjadi yang pertama mengadopsi tren traveling baru, dan supaya dapat memenuhi keinginan mereka, kami harus selalu berinovasi dalam produk atau layanan baru yang mereka sukai. Sebagai contoh, untuk memenuhi keinginan milenial untuk selalu online, kami bermitra dengan Flexiroam untuk menyediakan microchip gratis setiap pemesanan tiket Scoot," katanya.

Bahkan, sejak 2016 Scoot telah melayani lebih dari 110.000 penumpang dari Indonesia ke Jeddah, baik penumpang solo maupun grup. Dari jumlah tersebut sebanyak 40% kecenderungannya adalah milenial. "Scoot bukan hanya maskapai untuk mereka yang menyukai harga terjangkau, tetapi juga mereka yang digital savvy, mengikuti tren traveling terbaru, dan menyukai spontanitas dan pengalaman unik ketika traveling," ucapnya.

Saat ini, maskapai LCC yang melayani jemaah umrah Indonesia terbang dari 5 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Denpasar, Surabaya, Palembang, dan Pekanbaru; sedangkan untuk Balikpapan, Lombok, Makassar, Manado, Semarang, dan Yogyakarta akan pelayanan akan dibuka pada 2020 mendatang.

"Untuk penerbangan 3 kali seminggu dari Singapura ke Tanah Suci. Tersedia pula makanan bersertifikat halal dan makanan ringan lezat, selimut, serta jatah bagasi air zamzam 5 kg. Termasuk mendapat pemberitahuan saat pesawat melintasi miqat," ucapnya.

Untuk bisa mendapatkan tiket penerbangan Scoot, calon penumpang bisa melakukan pemesanan group melalui mitra perjalanan Scoot. Tercatat lebih dari 100 agen perjalanan lokal di Indonesia di antaranya, PT Novena Aviation dan MNC Travel. Mereka yang melakukan pemesanan group akan mendapatkan kursi standar, jatah bagasi check-in 30 kg, jatah bagasi kabin sampai 10 kg, Sedangkan untuk perjalanan do it your self, penumpang dapat memesan tiket melalui situs FlyScoot setelah memperoleh visa.

Sejak mengangkasa pada Juni 2012 lalu, maskapai yang terpilih sebagai “Best Low Cost Airline (Asia/Pacific)” oleh AirlineRatings.com berturut-turut pada 2015, 2016, 2017, dan 2018 ini telah mengangkut lebih dari 50 juta penumpang.

Saat ini, maskapai yang juga masuk dalam “Top 10 World’s Best Low-Cost Airlines” oleh Skytrax pada 2015 dan 2018 mengoperasikan 18 pesawat berbadan lebar (wide-body) Boeing 787 Dreamliner dan 27 pesawat Airbus A320 yang baru dan modern, dengan tambahan dua pesawat Boeing 787 Dreamliner dan 38 pesawat Airbus A320neo dalam proses pemesanan.

"Jaringan Scoot kini mencakup 66 destinasi di 18 negara. Scoot ingin menjadikan perjalanan terjangkau untuk semua orang dan memungkinkan orang untuk menggali potensi yang kami sebut sebagai Wandermust – keinginan untuk melakukan perjalanan dan mencari pengalaman baru," ucapnya.

Idjah,30, salah seorang jamaah umroh asal Semarang, Jawa Tengah mengaku senang bisa terbang dengan maskapai Scoot ke Jeddah karena pelayanannya yang bagus sekaligus mendapat kesempatan mengunjungi Singapura. "Saya baru pertama naik Scoot dan sempat cari-cari di internet, ternyata pesawatnya besar sekali. Nyaman banget," ucapnya singkat.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3955 seconds (0.1#10.140)